MENGENAL BAGIAN MICROSOFT OFFICE 2016 | CARA MEMULAI MICROSOFT OFFICE 2016 | BANG DJAE


Setelah kita berhasil melakuan instalasi Ms. Office 2016, maka sekarang saatnya kita mulai untuk mengenal bagian-bagian dari Ms. Office 2016. ok sekarang silahkan klik Start (Logo Windows di pojok kiri bawah) maka akan muncul tampilan start menu bar, silahkan scrool mundur sampai ke bagian W,  kemudian pilih Word 2016. Maka akan muncul Ms. Word Loading tunggu saja sampai muncul Ms. Word 2016 Menu, disinilah perbedaan pertama kali yang bisa dilihat dari Ms. Office sebelumnya.
Pada Menu awal yang disajikan oleh Ms. Office 2016 ini kita akan mendapatkan kemudahan dalam membuat laporan atau surat. Karena dalam menu ini kita sudah disiapkan Template-template yang akan
memudahkan kita.
Pada bagian sebelah kiri (warna Biru) kita disediakan 2 (dua) menu yaitu: Recent dan Open Other Documents.


Recent; adalah kumpulan dari file/dokumen yang pernah kita 
buat/buka sebelumnya 
Open Other Documents; adalah menu yang fungsinya sama dengan recent cuma bedanya kalau kita memilih menu ini maka kita akan dialihkan ke drive tempat kita penyimpan file/dokumen yang telah kita buat sebelumnya.


Sedangkan disebelah kanan kita diberikan berbagai pilihan template yang akan memudahkan dalam membuat laporan/surat. Setelah kita memilih template maka sekarang
kita akan berkenalan dengan area kerja Ms.  office 2016.




Keterangan:
1. Quick Access Toolbar; Merupakan tools yang berungsi untuk melakukan perintah cepat, biasanya pada quick access toolbar(QAT) ini di tandai dengan simbol / icon . Untuk menambah/mengurangi QAT dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut; Klik menu File >> Options >> Quick Access Toolbar >> pada options Chose Commands from pilih sesuai keinginan >> pilih tools yang akan ditambahkan >> klik add >> klik ok
2. Title Bar; Merupakan tempat munculnya judul Dokumen yang kita buat.
3. Menu Bar/Tab; Merupakan barisan menu-menu yang dapat kita gunakan untuk melakukan editing.

4. Ribbon Display Options; Merupakan menu khusus untuk menampilkan menu icon ribbon, pada menu ini terdapat 3 (tiga) Options Menu yaitu:
- Auto Hide Ribbon; Digunakan untuk menyembunyikan menu icon ribbon secara otomatis pada saat kita sedang melakukan pengetikan, dan akan uncul pada saat kita mengarahkan kursor kearah title bar.

- Show Tab; Digunakan untuk menghilangkan menu icon ribbon saja, sehingga tampilan menu bar/tab masih tetap kelihatan.

- Show Tabs and Commads; Digunakan untuk menampilan semua menu beserta pengertiannya, options ini merupakan setting default dari Ms. Office 2016.
5 . Min - max Options ; Digunakan untuk menampilkan/menghilangkan area kerja Ms. Office 2016,pada menu ini terdapat 3 (tiga) options yaitu:
- Minimize; Digunakan untuk menghilangkan/menyimpan layar kerja pada toolbars
- Restor n Down / Maximize ; Di gunakan untuk mengecilkan/full screen layar kerja Ms. office.
- Exit; Digunakan untuk keluar dari halam kerja Ms. Office.
6. Ribbon/Menu Icon; Merupakan icon/tools dari menu bar yang digunakan untuk editing.
7. Ruller; Merupakan penggaris yang ada di posisi atas dan samping kiri halaman kerja Ms. Office, pada ruller ada 4 (empat) tools yaitu:
- First Line Indent (Segitiga terbalik); Digunakan untuk melakukan editing pada baris pertama dari Paragraf.
- Hanging Indent (Segitiga); Digunakan untuk melakukan editing pada baris kedua dan seterusnya paragraf.

- Left Indent (Kotak); Digunakan ntuk melakukan editing pada semua baris teks paragraf.
- Right Inden (Segitiga); Digunakan untuk melakukan editing pada semua akhir tes paragraf.
8. Page; Digunakan untuk tempat teks/gambar, yang lebih dikenal dengan Layar Kerja.
9. Tabulasi; Digunakan untuk editing teks baris pertama, bedanya dengan Fist line inden adalah posisi awalan teks kalau tabulasi itu tempatnya setelah Fist line inden, atau lebih dikenal untuk menjorokkan teks lebih kedalam. Pada Tabulasi ada 7 (tujuh) Tools yaitu: Right Tab, Decimal Tab, Bar Tab, First Line Indent, Hanging Indent, Left Tab, Center tab.


10. Status Bar; Merupakan informasi tentang;
- Page 1 of 1; Artinya saat ini kita sedang aktif di halaman satu dari total halaman 1.esar (in) atau kecil (out).

- Words ; Di gunakan untuk mengetauhi berapa jumlah kata yang kita gunakan.
- Spelling; Digunakan untuk membenarkan ejaan kata yang kita tulis berdasarkan bahasa
yang kita gunakan, tetapi defaultnya pasti menggunakan bahasa ingris.

- Language; Digunakan untuk menentukan Spelling.

- Read Mode; Digunakan untuk membuat tampilan area kerja menjadi model baca.

- Print Layouts; Untuk membuat tampilan area kerja seperti hasil cetaknya.


- Web Layouts; Digunakan untuk membuat tampilan area kerja seperti pada halaman website.

- Zoom; Digunakan untuk membuat tampilan area kerja semakin besar (in) atau kecil (out).
11. Scool Bar; Digunakan untuk menggulung layar kerja ke atas dan kebawah
12. Toolbar; Digunakan untuk menyembunyikan/minimize aplikasi yang sedang kita buka.
13. Sys Tray; digunakan untuk mengetahui system apa saja yangsedang berjalan, secara default yang muncul adalah date and time, language, speakers, jaringan(line/wifi), dll
14. Start Menu; Digunakan untuk menampilkan semua program/aplikasi yang terinstal.









0 comments:

Post a Comment