Ingin Lebih Rajin Merawat Dapur? Tambahkan 5 Barang Ini! | Bangdjae.my.id

bangdjae.my.id
~ Berbicara tentang dapur maka ini bisa dikatakan adalah ruangan inti dari sebuah rumah, mengingat tempat inilah yang paling banyak digunakan. Rutinitas yang dikerjakan di dapur tentu saja adalah kegiatan masak-memasak hingga diperlukan banyak peralatan guna menunjang kegiatan tersebut.

Kalau di rumah saya mungkin yang paling ada bahkan diwajibkan ada salah satunya yaitu pisau dapur, entah mengapa keinginan perempuan selalu meminta barang ini harus lebih dari satu. Dihitung lagi tadi saya mengecek ada sekitar 5 pisau dapur dengan berbagai ukuran, padahal ya mereka menggunakan biasanya hanya pisau favorit saja dan lainnya cuma pajangan semata.

Berikut beberapa macam barang-barang yang wajib ada di dapur yang berguna bagi kita dalam kegiatan masak-memasak:
1. Pisau dapur
Ini sebenarnya harus membeli yang berkualitas tinggi ya gansist, sebab merupakan alat terpenting untuk memasak.

2. Wajan dan panci
Barang yang kedua ini juga sangat penting, bisa dipilih wajan yang anti lengket atau wajan besi cor.

3. Piring dan gelas minum
Ini kalau di saya ada dua jenis, gelas atau piring kaca maupun yang plastik sebab ada anak kecil yang kadang suka teledor jika pegang benda ini. Cukup banyak juga jika digabungkan keduanya bisa mencapai ratusan biji, pun termasuk dari barang dapur yang paling sering dibeli.

4. Parutan
Benda ini sangat berguna untuk memudahkan kegiatan memasak, terutama guna memarut bahan makanan yang susah diolah dengan bentuk yang aslinya.

5. Kompor
Tentu barang ini harus wajib ada di dapur, untuk sekarang kebanyakan menggunakan kompor gas dan bisa dipilih mana yang paling bagus baik kompor gas portabel, kompor gas freestanding, kompor gas tanam atau yang lainnya.

Itulah 5 barang yang wajib ada di dapur, mungkin agan dan sista dimari ada yang mau menambahkan. Sebenarnya masih banyak sekali karena dapur pastilah penuh bermacam benda berguna lainnya seperti sendok, garpu, serbet, mangkok, kulkas, botol bahkan tempat sampah juga bermacam lainnya.

Sepenuh apa sih gansist barang-barang tersebut menghiasi dapur kalian, kalau dari saya sendiri setiap masuk ke rumah orang lain contohnya masuk ke rumah tetangga sendiri kadang selalu berpikiran bahwa dapur saya sangat tidak lengkap.

Mungkin gara-gara kami sekeluarga kurang hobi dalam memasak, memasak paling berniat hanya pada momen-momen tertentu. Barang di dapur akan tiba-tiba bertambah banyak apabila orang tua berkunjung ke rumah, karena orang tua hobi banget memasak tapi anaknya malah nggak menurunkan bakat dari mereka.

Tambahan, ada juga nih gansist ternyata beberapa barang dapur yang sering digunakan namun cepat sekali menjadi kotor dan mengandung banyak kuman. Seperti spon cuci piring, handuk kain, keran wastafel, lemari es, pegangan oven, tempat sampah dan yang lainnya hingga perlu rajin untuk kita bersihkan.

Beberapa tips untuk membersihkan peralatan dapur yang sesuai dengan bahannya:
1. Stainless steel
Kebanyakan peralatan masak pakai bahan masak yang mengkilat seperti ini, mengambil dari Foxcara membersihkannya sebenarnya cukup dengan tangan dan sabun cuci biasa saja serta jika seandainya sudah berkerak bisa dengan menggunakan serbet yang diberi beberapa tetes cuka.

2. Tembaga
Ini biasanya barang yang cukup sensitif, usahakan membersihkannya dengan air hangat dan sabun cuci piring, gosok perlahan hingga semua noda terangkat.

3. Wajan anti lengket
Ini juga cepat mengelupas atau rusak jika cara membersihkannya tidak benar, sangat tidak disarankan membersihkan dengan menggunakan mesin, spons atau sabun yang kasar.
Cukup dengan tangan atau sekalipun menggunakan spons usahakan pakai spons yang paling halus.

4. Kayu
Barang-barang yang terbuat dari kayu semisal talenan dianjurkan membersihkannya dengan sabun anti bakteri, lap menggunakan tisu kering hingga airnya terserap.

5. Keramik
Peralatan menggunakan bahan keramik sebenarnya cukup mudah dibersihkan, mengambil dari Healthy Cookware cukup bersihkan menggunakan air sabun hangat, spon lembut atau serbet.

6. Besi cor
Peralatan dapur berbahan besi cor biasanya adalah panggangan, cara mencucinya bisa menggunakan air hangat, spon lembut dan sabun cuci piring serta jangan lupa mendinginkan terlebih dahulu peralatannya.

Selamat bersih-bersih pada peralatan dapur kita, bukan hanya sekedar karena kita bisa membelinya. Peralatan dapur tetap harus sering-sering kita bersihkan dan bila perlu ditengok kebersihannya tiap hari agar terhindar dari segala sesuatu yang membahayakan, masakan enak ya dari kebersihan tempat memasaknya juga bukan semata karena keahlian seseorang dalam memasak saja!
sumber kaskus dan pixabay

baca jugaRevolusi Teknologi Otomotif: Ancaman bagi Bengkel Non Resmi

0 comments:

Post a Comment