Air Terperangkap di Dalam Rangka Menjadi Penyebab Rangka eSAF Keropos? | Bangdjae.my.id

bangdjae.my.id
~ Banyak yang menyebut kalau air yang terperangkap di dalam rangka bisa jadi penyebab rangka eSAF di motor matic Honda keropos.
Pasalnya, rangka eSAF di motor matic Honda ini berbentuk seperti kotak yang memungkinkan air yang masuk jadi terperangkap di dalamnya

Ditambah lagi, bagian yang sering terlihat keropos adalah bagian terendah di rangka yang diduga tempat air menggenang, dan ditemukan juga rangka yang keropos dari bagian dalam.
"Banyak rangka yang karat dan keropos itu dimulai dari bagian dalamnya. Jadi bagian luarnya kelihatan masih bagus, tapi bagian dalam rangkanya yang karat parah dan bikin keropos," ucap Masno pemilik bengkel las Kaya Teknik yang spesialis repair rangka motor karat dan keropos.
Salah satu penyebab munculnya rangka karat dari bagian dalam adalah karena adanya air yang terperangkap.

Nah, jika dilihat pada rangka eSAF seperti yang digunakan Honda Vario 160, memang ada lubang pembuangan air pada bagian bawah rangka.
"Ada tapi lubangnya di samping. Sepertinya itu bukan posisi terendah di rangka motor," sahut Yuka Farresto, owner bengkel cat JK Motoworks yang sedang menggarap permintaan cat ulang rangka eSAF dari konsumennya.

Karena posisi lubang yang ada di samping dan sedikit tinggi, ada kemungkinan air yang masuk ke dalam rangka tidak bisa keluar semua. Terutama dibagian sambungan antara plat rangka di bagian bawah.

Ditambah, pada rangka eSAF ini memang tidak semua bagiannya tertutup, ada beberapa lubang yang sangat memungkinkan jadi tempat air masuk.

Untuk mencegah air mengendap di dalam rangka, sebenarnya bisa membuatkan lubang kecil tambahan pada bagian bawah.

"Tapi kalau ke motor konsumen kami enggak berani main lubangi saja. Apalagi kalau motornya masih garansi. Takutnya kalau rangka kenapa-kenapa lubang yang kami buat yang disalahkan," tegas Yuka.
"Namun kalau konsumennya yang meminta dan paham konsekuensinya, kami bisa buatkan," tutur Yuka yang bengkelnya di Ruko Griya Cinere 2 Blok 49 No.48, Jalan Limo Raya, Cinere, Depok, Jawa Barat.
Untuk membuat lubang pembuangan tambahan di rangka eSAF sendiri menurut Yuka mudah dan waktu pengerjaannya cepat.

Kalau pemilik motornya mau membuat lubang tambahan, Yuka hanya mematok harga Rp 50 ribu saja untuk pembuatan lubang pembuangan tambahan di rangka eSAF.

Hingga saat ini sendiri pihak PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut sedang melakukan investigasi mengenai kasus rangka motor matic Honda yang keropos.

Jadi belum ada kepastian dari pihak pabrikan mengenai apa penyebab rangka motor matic Honda yang karat dan keropos ini.
sumber kaskus

baca juga : cara menemukan motor yang hilang

0 comments:

Post a Comment