Canggih, Keren dan Inovatif! Gebrakan Terbaru Kepolisian Ciptakan Aplikasi ILMU Temukan Motor yang Hilang | bangdjae.my.id

bangdjae.my.id
~ Selamat pagi semuanya gansist, semoga baik keadaannya!
Nih ada terobosan terbaru dari kepolisian lho, dikabarkan kini mereka telah membuat suatu program lewat kemajuan tekhnologi dibidang telekomunikasi khususnya internet yaitu aplikasi pelacak kendaraan bermotor yang hilang akibat tindak kejahatan pencurian dan mereka sampai sekarang telah berhasil menemukan kembali 38 unit motor berkat aplikasi ini.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur telah meluncurkan aplikasi pelacak kendaraan bermotor hilang yang diberi nama "ILMU" (Hilang Temu) Semeru. Aplikasi ini menjadi inovasi baru yang dapat membantu masyarakat dalam melacak dan menemukan kendaraan yang telah dicuri atau hilang.

Aplikasi ILMU Semeru ini telah membantu menemukan beberapa kendaraan bermotor yang hilang di berbagai daerah di Jawa Timur. Beberapa kendaraan yang berhasil ditemukan melalui aplikasi ini antara lain di Kabupaten Jember, Tuban, Kediri Kota, Mojokerto Kota, Madiun, dan Nganjuk. Pengguna aplikasi dapat mengunduhnya melalui Play Store dan memasukkan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang hilang. Namun, pengguna harus pernah membuat laporan kehilangan di Polres terdekat agar aplikasi ini dapat mengidentifikasi posisi kendaraan yang hilang.

Selain itu, Polda Lampung juga mengembangkan aplikasi serupa yang bernama DPB Ranmor. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak kendaraan bermotor yang hilang di seluruh Provinsi Lampung. Sama seperti aplikasi ILMU Semeru, pengguna juga perlu membuat laporan kehilangan kendaraan di Polres terdekat agar aplikasi dapat mengakses data yang diperlukan. Aplikasi DPB Ranmor juga dapat diunduh melalui Play Store.

Peluncuran aplikasi ILMU Semeru mendapat apresiasi dari Kapolda Jawa Timur, Irjen Toni Harmanto. Ia menilai aplikasi ini sebagai inovasi yang akan memudahkan anggota kepolisian dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ke depannya, Ditlantas Polda Jawa Timur diharapkan dapat terus mengembangkan inovasi teknologi lainnya yang dapat mendukung kegiatan kepolisian.

Dosen STMIK dan AMIK Mitra Lampung, Arie Setya Putra, juga ikut mengembangkan aplikasi pelacakan kendaraan bermotor hilang. Motivasi beliau adalah meningkatnya kasus pencurian kendaraan bermotor di daerahnya. Aplikasi yang dikembangkannya dapat membantu masyarakat dalam mengantisipasi tindak kejahatan ini. Pengguna aplikasi dapat melacak kendaraan bermotor yang hilang dan melakukan pengecekan apakah kendaraan sudah ditemukan. Jika sudah ditemukan, masyarakat dapat menghubungi Polres setempat.

Dengan adanya aplikasi pelacak kendaraan bermotor hilang ini, diharapkan masyarakat dapat lebih tenang dan memiliki cara yang lebih efektif dalam menemukan kendaraan mereka yang hilang atau dicuri. Aplikasi ini menjadi solusi yang efisien dan membantu kepolisian dalam menjaga keamanan kendaraan bermotor di masyarakat.

Keren sepertinya ini gansist dan semoga perkembangannya makin lebih bagus lagi, saya belum mengunduhnya tapi kok bertanya-tanya gimana ya caranya mencari motor kita yang hilang dengan menggunakan aplikasi? Namun mengambil keterangan dari Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Pol. Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan kita tinggal mengisi data-data kendaraan kita yang hilang tersebut setelah mengunduh aplikasi ILMU Semeru nanti akan ada keterangannya karena aplikasi ini terkoneksi langsung dan terintegrasi dengan Sistem Electronic Registration and Identification(ERI) milik Korlantas Polri (yang diungkapkan oleh Kombes Taslim tentang keberhasilannya baru di wilayah Polda Jatim).

Hingga ia meminta ke masyarakat di Jatim bila kehilangan motor supaya mengunduh aplikasi ini, cukup bermanfaat sepertinya ya gansist dan semoga bisa menyeluruh di semua kawasan di Indonesia.


sumber foto google dan kaskus

0 comments:

Post a Comment