MENGENAL BAGIAN MENU MICROSOFT OFFICE 2016 | MENGENAL MENU BAR PADA MICROSOFT OFFICE 2016 | BANG DJAE


Setelah kita mengenal bagian-bagian dari Ms. Office 2016, maka sekarang saatnya kita mulai kenalan dengan Menu Bar yang ada di Ms. Office 2016 yaitu: File, Home, Insert, Design, Layout, References, Mailing, Review, View.

Pada Menu FILE ada 13 (tiga belas) options yaitu: Info, New, Open, Save, Save As, History, Print, Share, Export, Close, Account, Feedback dan Options.

Sekarang mari kita bahas satu per satu dari ke 13 options yang ada di menu FILE.

a. Info
Pada option ini kita akan disajikan 4 (empat) menu utama yaitu:
- Compatibility Mode; Digunakan untuk dapat menggunakan/membuka file/dokumen yang dibuat dengan Ms. Office versi lain sehingga bisa kita edit dengan fitur yang komplit

- Protect Document; Digunakan untuk melakukan proteksi pada dokumen/file yang kita buat, karena sifat dari file tersebut rahasia sehingga tidak semua orang bisa melihat/mengedit file tersebut.

Pada menu ini ada 5 (lima)
option yaitu: Mark as Final, Encrypt with Password, Restrict Editing, Restrict Access , Add a Digital Signature.

Sekarang mari kita bahas 5 option yang ada pada menu Protect Document.

- Mark as Final; Artinya kita ingin memberikan tanda bahwa file ini suda final dan siap untuk di
gunakan.

- Encrypt Document; Digunakan untuk memberikan pasword pada dokumen/file.
-Ristrict Editing; Pada option ini kita disajikan 3 option restrictions yaitu: Formatting Rescrictions, Editing Restrictions, Start Enforcement
- Restrict Access
- Add a Signature Digital; Digunakan untuk memberikan tanda tangan secara digital.
- Inspect Document; Pada menu ini ada 3 (tiga) Options yaitu: Inspect Document, Check Accessebility, Check Compatibility
- Manage Document; Pada Menu ini ada 2 (dua) options yaitu: Recover Unsaved Document dan Delete all Unsaves Document

b. New
Digunakan untuk membuat halaman kerja baru, sesuai dengan keinginan kita dengan memilih tamplate yang sudah disediakan oleh Ms. Office 2016.

c. Open
Digunakan untuk membuka file/dokumen yang pernah kita buat/simpan sebelumnya di dalam drive atau media simpan lainya.

Pada Menu Open ada 5 (lima) pilihan option yaitu:
1. Recent; Membuka file yang terakhir kali kita buka/buat.
2. One Drive; Membuka file dari jaringan
3. This PC; Membuka file dari drive C
4. Add a Place; Menambahkan lokasi simpan secara online di cloud
5. Browse; Membuka file dengan cara mencari terlebih dahulu ke drive ( C, D, E, ...)

d. Save
Digunakan untuk menyimpan file secara berulang-ulang dengan nama yang sama.

e. Save As
Digunakan untuk menyimpan file pertama kali atau menyimpan dengan mengganti nama file dan tidak mrubah file asli/yang pertama kali disimpan.

f. History
Digunakan untuk melihat riwayat file yang pernah kita buat/buka dengan Ms. Office.

g. Print
Digunakan untuk mencetak dokumen yang telah kita buat kedalam media cetak.

h. Share
Digunakan untuk membagikan file/dokumen yang kita buat, baik melalui OneDrive, Email, Presentat Online dan post to Blog.

I. Export
Digunakan untuk menyimpan file dengan format PDF/XPS, kita juga melihat file type apa yang sedang kita buat saat ini dengan klik option Change File Type.
j. Close
Digunakan untuk keluar dari menu File.

k. Account
Digunakan untuk melihat akun kita di Microsoft

l. Feedback
Digunakan untuk memberikan penilian kepada microsoft tentang kwalitas Ms. Office 2016 ini.

m. Options
Di gunakan untuk mengatur tampilan pada Ms. Office 2016, meliputi: General, Display, Proofing, Save , Language , Advanced ,Customize Ribbon, Quick Access Tolbar, Add-ins dan Trust Center.

Pada Word Option tidak akan kami bahas semua, tetapi akan kita bahas yang sering dibutuhkan pada saat pembuatan laporan/surat.

- Save; Digunakan untuk melakukan pengaturan pada Type File, Save Auto Recover , AutoRecover Location, Default

Local File Location.
Pada saat kita mengatur save, ada baiknya kita pahami dulu tentang extention/jenis hasil simpan dokumen. Contoh: *.doc, *.docx, *.docm dan lainya. File yang dibuat dengan Ms. Office spek tinggi/terbaru tidak bisa dibuka di Ms. Office dengan spek lama contoh Ms. Office 2010 tidak bisa dibuka di Ms. office 2007 Sehingga saran saya buatlah pengaturan default save nya di Word 97-2003 Document (*.doc) dengan begitu kita tidak perlu bingung waktu mau buka file tersebut di Ms. Office lain.



0 comments:

Post a Comment