Jangan Asal Ganti Ban, Ini Ciri Dan Teknologi Ban yang Cocok Buat Mobil Listrikmu! | Bangdjae.my.id

bangdjae.my.id
~ Seperti diawal era motor matic, mobil hybrid dan listrik yang awalnya dijauhi kini perlahan penjualannya cukup baik menempel di barisan kendaraan yang diminati dan ke depan konsumen berharap harga jualnya ke konsumen semakin terjangkau.

Tidak beda jauh dengan mobil berbahan bakar minyak, mobil hybrid dan listrik tetap menggunakan ban untuk berjalan kemana suka. Tapi tahu kah kamu kalau sebenarnya mobil mobil hybrid terutama mobil listrik seharusnya menggunakan ban khusus?

Ya, mungkin belum banyak yang menyadari kebutuhan akan ban khusus mobil hybrid dan listrik harus mulai diperhatikan dan produsen ban harus mulai mensupplynya. Mengapa ban mobil hybrid dan listrik berbeda dengan mobil berbahan bakar minyak?

Sebetulnya tetap bisa menggunakan jenis ban pada umumnya tapi jika menggunakan ban khusus maka penggunaannya sudah tepat, sesuai habitanya mobil hybrid dan listrik itu adanya diperkotaan yang aspalnya sudah rata dan sering stop and go.

Menggunakan ban yang tepat ini tentu memiliki alasan yang kuat, namun inti diproduksinya jenis ban khusus ini adalah konsumen akan mendapatkan keuntungan bisa menghemat energi baterai (efesiensi) dan kestabilan akselerasinya.

Hasil dari penelitian pabrikan yang cukup ternama dengan menggunakan jenis ban ini bisa meningkatkan efisiensi energi total ban hingga 10 persen, efeknya emisi CO² pun jadi lebih rendah dibanding mobil berbahan bakar minyak dan jarak tempuhnya jadi lebih jauh 3% nya. Hal ini setara dengan penghematan 0,6 kWh per 100 kilometer (62 mil) untuk kendaraan listrik dalam kondisi berkendara stop-and-go.

Kelebihan lain yang perlu kita ketahui adalah rancangan ban ini 65 persen terdiri dari bahan terbarukan, bersertifikasi tentang keseimbangan beban, perubahan bentuk ban akibat pemakaian (deformasi) yang minim akibat gesekan dan pengereman karena ban dirancang dan didesain dengan metode konstruksi baru menghasilkan komponen karet ban yang lebih kaku sehingga mengurangi deformasi ban.

Kalau kita perhatikan di gambar, ubahan rancangan desain ban terlihat dari permukaan pola tapak ban yang memiliki penyebaran lebih sedikit dari biasanya dan ini membuat traksi jadi lebih besar, untuk membuat berhenti lebih cepat dan akselerasi lebih terkontrol. Jadi mulai saat ini jika ingin berkendara semakin maksimal dan nyaman mobil listrik sebaiknya menggunakan ban jenis ini.

Jika kamu tertarik harap bersabar sedikit karena produsen ban tersebut belum mengumumkan secara resmi kapan ban ini mulai diproduksi masal, setidaknya ini info yang kita dapat saat mereka memamerkan ban konsepnya di ajang pameran IAA Mobility di Hanover, Jerman 4 September 2023 lalu
sumber kaskus

0 comments:

Post a Comment