Jokowi Kunjungi Pabrik Sel Baterai Hyundai, Apakah Kendaraan Listrik Bisa Jadi Trend? | Bangdjae.my.id

Bangdjae.my.id
~ Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari kamis (14/9/2023) Presiden Jokowi mengunjungi pabrik sel baterai kendaraan listrik di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kedatangan Presiden Jokowi adalah untuk mengapresiasi pengembangan pabrik baterai tersebut, sekaligus menyaksikan upacara groundbreaking.

Pembuatan pabrik baterai di Jawa Barat tersebut menjadi bukti nyata bahwa produksi kendaraan listrik pada saat ini sedang menunjukkan indikasi akan adanya peningkatan.

Pemerintah pun nampaknya juga sangat antusias mendukung gagasan migrasi ke kendaraan listrik, bahkan terdapat program subsidi untuk masyarakat yang ingin beralih menggunakan kendaraan listrik.
Namun, pernahkah kita berpikir kenapa akhir-akhir ini kendaraan listrik banyak dilirik sebagai alternatif energi menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil?

Sebenarnya apakah keunggulan memakai kendaraan listrik? Apakah akan membuat kita dikelilingi wanita cantik ?

Ternyata, jika dibandingkan dengan energi fosil seperti bbm, energi listrik memang memiliki beberapa poin positif, diantaranya :

1. Lebih ramah lingkungan:
Kendaraan listrik mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara karena mereka tidak menghasilkan gas buang beracun. Ini membantu mengurangi dampak perubahan iklim dan meningkatkan kualitas udara.

2. Kemandirian Energi:
Dengan bergesernya fokus dari bahan bakar fosil ke listrik, negara-negara dapat mengurangi ketergantungan pada impor minyak dan meningkatkan keamanan energi.

3. Efisiensi Energi:
Kendaraan listrik umumnya lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil, yang diharapkan dapat mengurangi biaya bahan bakar bagi konsumen.

4. Inovasi Teknologi:
Kendaraan listrik mendorong perkembangan teknologi baterai dan penyimpanan energi, yang dapat memiliki aplikasi lebih luas dalam masyarakat.

5. Pengurangan Kebisingan:
Kendaraan listrik umumnya lebih tenang daripada kendaraan berbahan bakar, yang dapat mengurangi polusi suara.

Bagaimana gansis? Berbagai keunggulan di atas cukup menarik bukan? Bayangkan kalau semua orang beralih menggunakan kendaraan listrik. Keadaan kota yang damai nan asri tanpa polusi udara maupun suara pun akan terwujud.

Namun, penting untuk diketahui bahwa harga kendaraan listrik di masa sekarang ini ternyata masih terbilang mahal, dari beberapa tipe kendaraan listrik yang TS temukan harganya bisa mendekati 1M bahkan lebih. Seperti misalnya :

Mobil Hyundai ionic 5
• Ioniq 5 Prime Standard Range Rp748 juta
• Ioniq 5 Prime Long Range Rp789 juta
• Ioniq 5 Signature Standard Range Rp809 juta
• Ioniq 5 Signature Long Range Rp859 juta

Mobil Toyota BZ4X
• BZ4X Panoramic Roof (One Tone Color) Rp1,19 miliar
• BZ4X Panoramic Roof (Two Tone Color) Rp1,198 miliar

Mobil Nissan Leaf
• Leaf One Toned Rp738 juta
• Leaf Two Toned Rp740 juta
Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga-harga mobil di atas cukup merogoh kocek, namun menurut TS hal itu disebabkan karena industri kendaraan listrik masih belum berkembang dengan optimal karena terbilang cukup muda.
Jika di masa depan para produsen kendaraan listrik sudah berhasil membuat kemajuan pesat hingga dapat bersaing mencuri hati masyarakat baik dari segi harga yang kompetitif maupun keunggulan lainnya, bukan tidak mungkin kendaraan listrik akan menjadi trend yang masif di masa mendatang.

sumber kaskus dan sumber foto google

0 comments:

Post a Comment