7 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Rel Kereta Api dan Penyebabnya | Bangdjae.my.id

Bangdjae.my.id
Sebuah mobil punya kekuatan cukup besar kalau hanya sekedar melewati polisi tidur, gundukan tanah maupun jalan raya yang berlubang. Biasanya agak jarang berhenti karena nggak kuat menanjak di ketiga media tersebut, kecuali ada faktor-faktor tertentu seperti kondisi sedang hujan, licin dan basah. Namun kadang kala kita sering melihat pemberitaan massa tentang adanya sebuah pas tengah perlintasan kereta api.

Padahal kendaraan yang berhenti diatas rel tentu saja lebih berbahaya dibandingkan tidak kuat menanjak di jalan berlubang, gundukan tanah maupun polisi tidur karena berpotensi menyebabkan kecelakaan maut.

Penyebab mobil mogok di perlintasan kereta api bukanlah karena medan magnet, tetapi ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kejadian tersebut. Berikut adalah cara untuk mengantisipasi api: 
-Pastikan dalam kondisi baik: Rutin periksa mesin, sistem bahan bakar, kelistrikan, dan bagian lainnya pada Anda. tidak masalah saat-saat kritis. 
-Perhatikan keberadaan Ketika Anda mendekati api, waspadai tanda-tanda peringatan menunjukkan adanya perlintasan. rambu-rambu pengaturan lalu lintas sekitar tanda lampu bel memperhatikan sinyal bunyi api. 
-Jika mendekat, segeralah berhenti beri prioritas kepada Hindari menerobos sudah tertutup palang pintu: Jangan pernah mencoba ditutup dengan pintu atau bari jalan. Ini tindakan sangat berbahaya mengakibatkan kecelakaan serius. 
-Matikan mesin saat perlintasan: terpaksa macet alasan lainnya, pastikan mematikan mobil. Hal ini akan menghindari kemungkinan memungkinkan segera menggerakkan jika diperlukan. 
-Siapkan jalur keluar alternatif: kenali alternatif gunakan terjadi situasi darurat keadaan mengharuskan meninggalkan cepat. 
-Waspadai sedang melintas: Selalu perhatikan melintas melewati benar-benar berlalu sebelum melanjutkan perjalanan bahwa mengikuti peraturan berlaku serta menjaga kewaspadaan selalu merupakan langkah terpenting

Bahkan sampai harus didorong oleh pengendara lain, penjaga perlintasan kereta atau orang yang lewat, mengambil keterangan dari Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi bahwa mobil bisa saja mogok gegara medan magnet dari gesekan rel dan roda kereta.

Namun yang sebenarnya bukanlah akibat medan magnet sebab itu tak bisa membuat kinerja mesin sebuah mobil bisa terganggu, hal utamanya menurut Supriyadi adalah pengemudi tidak tepat dalam pindah gigi, menginjak dan melepas pedal kopling.

Secara otomatis pengemudi akan berusaha berjalan pelan melihat kondisi di sekitar perlintasan hingga dalam keadaan seperti ini seorang pengemudi haruslah memiliki kemampuan memainkan pedal kopling dan gas secara tepat agar jangan sampai mesin mati pas diatas perlintasan kereta api, apalagi jika sudah mogok ditambah aki pun lemah menjadikan mobil sulit untuk dinyalakan kembali.

Jadi penyebab utama mobil bisa mogok ditengah perlintasan itu lebih diakibatkan karena faktor pengendara dan kondisi kendaraan, merasa dalam keadaan kurang menguntungkan pengemudi seperti itu biasanya mereka akan panik dan bingung. Sedangkan jika mengalami hal demikian ketenangan diri adalah yang paling utama, setelah itu ada beberapa tips cara terbaik mengantisipasi mobil mogok di rel kereta api

1.Membunyikan klakson terus-menerus (Bukan untuk mengusir setan namun untuk memutus medan magnet)
2. Keluar dari mobil (Nyawa manusia adalah nomor satu)
3. Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik
4. Kecilkan volume musik
5. Kurangi kecepatan
6. Atur jarak aman
7. Patuhi rambu-rambu, jika sirine berbunyi maka harus berhenti.

daya magnetik dari rel kereta api bukanlah hal yang sepele. Hingga ia menganjurkan ke pengemudi mobil agar berhenti tepat waktu disaat kereta belum melintas dan tunggu rentan 2 atau 3 detik setelah kereta melintas untuk memastikan bahwa medan magnetiknya sudah hilang.  jarak antara mobil macet dengan kereta melintas sebenarnya cukup panjang dan pengendara mobil punya kesempatan keluar untuk menghindari risiko yang bisa saja terjadi namun kebanyakan terlalu menyepelekan keamanan diri sendiri dengan menganggap kereta api masih jauh, masih ada waktu satu atau setengah menit padahal itu adalah waktu yang sangat singkat sekali dan keluar dari mobil jika terburu-buru pun akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 5 detik.

Read also : Honda CRF250 Rally

0 comments:

Post a Comment